Sample image
Sample image

Tokoteknologi Mikroelektronik Nusantara memiliki rencana mendirikan pabrik pintar melalui divisi TMN Custom. Revolusi ini menciptakan sebuah dunia dimana sistem manufaktur virtual dan fisik secara global bekerja sama satu sama lain dengan cara yang fleksibel. Situasi ini akan memungkinkan personalisasi absolut atas produk-produk dan penciptaan model-model pengoperasian baru.

Internet telah menyebar ke seluruh dunia hanya dalam waktu kurang dari satu dekade. Jangkauan inovasi yang dicapai masyarakat adalah penentu utama perkembangan revolusi ini. Pada 1990, tiga besar perusahaan di Detroit memiliki kapitalisasi pasar sebesar 36 miliar dolar AS, dengan pendapatan sebesar 250 miliar dolar AS, dan 1,2 miliar pekerja. Pada 2014, tiga besar perusahaan di Silicon Valley membukukan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi (1,09 triliun dolar AS), menghasilkan pendapatan yang kurang-lebih sama (247 miliar dolar AS), namun dengan pekerja yang hampir 10 kali lebih sedikit (137.000 orang).

Sejumlah negara dengan pertumbuhan perekonomian cepat seperti China -- telah mengalami penurunan signifikan upah buruh. Separuh dari penurunan ini karena jatuhnya harga barang investasi, yang didorong perkembangan inovasi (memaksa perusahaan menukar buruh demi modal). Akibatnya, pihak-pihak yang merasa diuntungkan adalah penyedia modal intelektual dan fisik: para inovator, investor, dan pemegang saha, yang menjelaskan semakin besarnya jurang kekayaan antara mereka yang bergantung pada kerja dan mereka yang memiliki modal.